Kamis, 12 Maret 2009

Khusus bwt loe.!


Saint Seiya


Pada Saint Seiya, hampir semua tokoh2nya mengenakan armor. Jenis2 armornya sendiri berbeda2, tergantung dari dewa2 yg bersangkutan, seperti para saint Athena yg mengenakan cloth, Odin God Robes yg dipakai para ksatria Odin, Poseidon scales, yg dipakai para Jenderal marine Poseidon, dan Surplice yg dipakai para specter Hades.

Cloth Athena

Cloth Athena pertama kali dibuat untuk dipakai para saint Athena saat pertempuran pertama dengan Poseidon (jauh sebelum cerita Saint Seiya dimulai). Masing2 cloth Athena melambangkan rasi bintang. Selain itu, karena Athena merupakan dewi yg mewakili kebenaran dan keadilan, jika ada saint yg kelakuannya jauh dari kebenaran dan keadilan, maka clothnya bisa saja meninggalkan saint tersebut (seperti yg sempat terjadi pada Cancer Deathmask dan Gemini Saga).

Total terdapat 88 cloth, yg mewakili 88 rasi bintang. 88 cloth tersebut dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Bronze Cloth, Silver Cloth, dan Gold Cloth. Sayangnya tidak semua 88 cloth tersebut keluar di anime dan manganya. Hanya 12 bronze cloth, 21 silver cloth, dan 12 gold cloth yg muncul (data dari wikipedia, belum sempet ngitung sendiri).

  • Bronze Cloth: Dipakai oleh para bronze saint, yang merupakan saint Athena dengan level paling rendah. Warnanya bervariasi, merupakan cloth dengan daya perlindungan paling rendah. Cloth yg dipakai Seiya dkk adalah bronze cloth. Bronze cloth beku pada suhu minus 150°C.
  • Silver Cloth: Dipakai oleh para Silver Saint, saint Athena dengan level menengah. Silver Cloth beku pada suhu 200°C. Diantara para silver saint, ada satu silver saint yg kekuatannya disebut2 setara dgn gold saint, yaitu Lyra Orphe. Lyra baru muncul pada Hades Chapter.
  • Gold Cloth: Dipakai oleh para Gold Saint, yg merupakan saint terkuat Athena. 12 Gold Cloth mewakili 12 zodiac.Berbeda dengan silver dan bronze cloth, gold cloth menutupi hampit semua bagian tubuh pemakainya. Gold cloth baru bisa dibekukan pada suhu absolut zero (−273.15°C).
  • God Cloth merupakan regenerasi dari bronze cloth yg dipakai Seiya dkk. Bronze cloth tersebut bisa berubah God Cloth: Merupakan cloth paling kuat. Muncul pada Hades chapter Elysion. menjadi God Cloth karena pernah diperbaiki dengan memakai darah Athena. Kekuatannya hampir setara dengan Kamui (armor yg dipakai para dewa yg tinggal di Gunung Olympus).

Selain Cloth yg dipakai oleh para saint Athena, masih ada armor2 yg dipakai oleh karakter lain (sebagian besar karakter antagonis).

  • Odin's God Robes: Dipakai oleh para ksatria Odin. masing2 Odin God Robe melambangkan rasi bintang ursa major.
  • Poseidon's Scales: Dipakai oleh para General Marine Poseidon. terbuat dari orichalcum, bahan metal legendaris yg berasal dari Atlantis.
  • Hades Surplices: Dipakai oleh 108 Specter, para ksatria Hades. Hades, Thanatos, dan keenam Gold Saint yg dibangkitkan Hades juga memakai Surplice.

Kelanjutan dari kisah Hades chapter Sanctuary. kali ini tidak ada lagi lagu Pegasus Fantasy yang melegenda itu. Opening song nya berjudul Megami no Senshi ~ Pegasus Forever ~ yang dinyanyikan oleh Marina Del Ray. Sedangkan lagu endingnya berjudul Takusu mono he ~ My Dear ~ yg dinyanyikan oleh Yumi Matsuzawa. Hades chapter Inferno sendiri dirilis tahun 2005.

Cerita bermula saat Shiryu, Hyoga, dan Shun akan melompat ke lubang yg menuju dunia Hades untuk menyusul Seiya. saat itulah, Libra Dohko datang dan memberitahu mereka bertiga, kalau mereka melompat begitu saja, mereka akan mati sesampainya di dunia Hades. yah, karena dunia Hades sendiri merupakan dunia orang mati. Agar bisa selamat, mereka harus membangkitkan Arayashiki, indera kedelapan. Singkat cerita, mereka berhasil sampai ke dunia Hades dalam keadaan hidup. tetapi, saat sampai di dunia hades, mereka terpisah. Shun yg bertemu Seiya, sempat diselamatkan oleh Kanon, yg mengenakan Gemini cloth.

Seiya dan Shun kemudian sampai ke piramid, yg merupakan salah satu prison of hell. setelah mengalahkan Cerberus, seiya dan shun berhadapan dengan Sphinx Pharaoh, salah satu specter Hades. Ditengah pertarungan, muncul Lyra Orpheus, yg berkata dialah yg akan mengalahkan para saint athena. Tentu saja hal ini membuat seiya dan shun bingung, karena orpheus merupakan salah satu silver saint. menurut rumor, meskipun hanya silver saint, kekuatan orpheus sudah setara dengan gold saint. dulunya, orpheus sering didaulat untuk menghibur grand pope sion dan para gold saint dengan lantunan harpa nya. tetapi, suatu hari orpheus menghilang tanpa jejak. kenyataan pun terkuak, orpheus ternyata dijebak oleh hades, yg menyukai permainan harpa orpheus, sehingga dia tidak bisa keluar dari dunia hades.

Akhirnya Orpheus, bersama seiya dan shun berhasil mengalahkan sphinx pharaoh. bersama sama, mereka bertiga menyusun rencana untuk mengalahkan hades. Hades, bersama dengan Pandora dan ketiga hakim, yaitu Wyvern Radamanthys, Garuda Aiakos, dan Grifon Minos, mendengarkan permainan harpa orpheus., yg oleh orpheus diberikan efek agar mereka tertidur. Setelah mereka tertidur, orpheus bermaksud menyerang hades. tetapi rencananya gagal karena Radamanthys, yg tidak menyukai musik, tidak ikut mendengarkan permainan harpa orpheus. masalah menjadi semakin rumit karena ternyata hades menggunakan tubuh shun sebagai tubuh sementaranya, karena tubuh asli hades berada di Elysion. bagaimanakah kelanjutan ceritanya...? sebaiknya tonton sediri animenya.

Di Hades Chapter inferno ini, kita disuguhi pemandangan langka, yaitu bersatunya ke 12 gold saint, termasuk Sagitarius Aioros, yang sejak awal kisah Saint Seiya diceritakan sudah tewas. Entah kenapa, menurutku, kualitas animasi dari Hades Chapter Inferno ini menurun drastis jika dibandingkan dengan Hades Chapter Sanctuary. Tapi, bagi penggemar Saint Seiya, tetap saja OVA ini layak tonton, karena Hades Chapter merupakan kisah penutup dari Saint Seiya.

OVA Penutup dari Hades Chapter. Openingnya masih berjudul Megami no Senshi ~ Pegasus Forever ~ yg dinyanyikan oleh Marina del Ray. Lagu endingnya kali ini diganti dengan lagu yg dinyanyikan oleh Yuuko Ishibashi, berjudul Kami no Sono ~ Del Regno ~. OVA kali ini cukup pendek, cuma 6 episode.

Dengan pengorbanan dari keduabelas gold saint, Seiya dkk.akhirnya berhasil sampai ke bagian terdalam dari dunia Hades, yaitu Elysion. di sana telah menanti dua orang bawahan terkuat hades, yaitu Thanatos dan Hypnos. Seiya dkk. dibuat tak berdaya saat melawan Thanatos. Dengan bantuan dari Poseidon, yg mengirimkan gold cloth untuk Seiya dkk, mereka berlima bangkit kembali melawan Thanatos. Seiya memakai Sagitarius, Shiryu memakai Libra, Hyoga memakai Aquarius, Shun memakai Virgo dan Ikki memakai Leo.

Akan tetapi, bahkan dengan mengenakan gold cloth, Thanatos masih terlalu kuat untuk Seiya dkk. gold cloth yang mereka kenakan dihancurkan dengan mudah oleh Thanatos. Dapatkah Seiya dkk. mengalahkan Thanatos dan Hypnos? kalo bawahannya aja sudah sekuat itu, sekuat apakah Hades? kalo penasaran tonton aja filmnya...^^

Manga (komik)
Saint Seiya diciptakan oleh Kurumada Masami sebagai manga dan diserialisasikan mulai edisi Januari 1986 majalah Shûkan Shônen Jump milik penerbit Shûeisha, kemudian dibuat dalam 28 volume tankôbon (buku komik). Selain edisi paper-back, manga Saint Seiya juga dibuat dalam format hard-cover sebanyak 15 volume, dan pada tahun 2001 lalu Shûeisha kembali menerbitkannya dalam 15 volume dengan format compact paper-back yang lazim disebut bunko. Jalan cerita dalam manga secara garis besar adalah: Sanctuary Chapter-Poseidon Chapter-Hades Chapter. Selain itu, terdapat pula majalah khusus Cosmo Special (1988) dan buku Saint Seiya Taizen (2001). Manga Saint Seiya juga diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Seiring 'wabah' manga di Amerika, belum lama ini edisi bahasa Inggrisnya pun telah tersedia, dan sejauh ini sudah diterbitkan hingga volume 14. Info lebih lanjut bisa dilihat di sini. Manga Inggris ini sudah masuk ke Indonesia. Tapi harganya, men! Bikin sakit mata!

Serial TV
Anime serial TV Saint Seiya yang diproduksi Tôei Animation ditayangkan mulai 11 Oktober 1986 hingga 1 April 1989 di TV Asahi setiap hari Sabtu pukul 19.00 selama setengah jam. Dengan 114 episode: Sanctuary Chapter (73 eps), Asgard Chapter (26), dan Poseidon Chapter (15), bertindak sebagai Sutradara adalah Morishita Kôzô, sedangkan desain karakter dikerjakan oleh Araki Shingo dan Himeno Michi. Lagu pembuka dan penutup terdiri atas Pegasus Fantasy (MAKE-UP) dan Blue Forever (MAKE-UP) untuk Sanctuary Chapter, serta Soldier Dream (Kageyama Hironobu & BROADWAY) dan Blue Dream (Kageyama Hironobu & BROADWAY) untuk Asgard dan Poseidon Chapter. Diterbitkan tiga edisi majalah khusus Jump Gold Selection pada tahun 1988 dan 1989 sebagai panduan anime serial TV. Anime Saint Seiya menjadi hit bukan hanya di Jepang, tetapi juga di banyak negara di dunia, seperti Prancis dan Italia. Bahkan di Indonesia masih sering tayang ulang.












Meiô Hades: Meikai Hen - Zenshô
Ini adalah kelanjutan dari Meiô Hades: Jû-ni Kyû Hen tahun 2002 yang dibuat karena proyek uji coba Jû-ni Kyû Hen menuai sukses besar. OVA ini diluncurkan di penghujung tahun 2005 dalam rangka memperingati 20 tahun serial Saint Seiya, sejak cerita komiknya pertama kali muncul di majalah mingguan Shônen Jump edisi Januari 1986. Terdiri atas 6 episode, OVA ini juga ditayangkan di ANIMAX Japan dengan sistem pay-per-view seperti pendahulunya. Sayang, peluncuran serial baru yang sangat ditunggu-tunggu ini diwarnai protes banyak penggemar. Pasalnya, terjadi pergantian pengisi suara Athena dan lima Bronze Saint utama. Padahal suara Furuya Tôru terlanjur jadi 'trade mark' suara Seiya seumur hidup. Menjelang 'première' tanggal 17 Desember 2005, perusahaan rekaman Nippon Columbia meluncurkan CD drama yang didukung pengisi suara baru para Bronze Saint. Desain karakter untuk Meikai Hen masih tetap dikerjakan duet Araki Shingo - Himeno Michi, sementara jabatan sutradara kali ini dipegang oleh Katsumata Tomoharu. Lagu pembuka OVA yang berjudul Megami no Senshi~Pegasus Forever dibawakan oleh band Marina del Ray, sedangkan lagu penutup Takusu Mono e~My Dear oleh Matsuzawa Yumi.




Movie
ya terdiri atas empat seri: Saint Seiya Gekijôban (18 Juli 1987), dengan produser Imada Chiaki; Kamigami no Atsuki Tatakai (12 Maret 1988), dengan produser Imada Chiaki; Shinku no Shônen Densetsu (23 Juli 1988), dengan produser Imada Chiaki; dan Saishû Seisen no Senshi tachi (18 Maret 1989), dengan produser Imada Chiaki dan Hatano Yoshifumi. Skenario dibuat oleh Suga Yoshiyuki (movie 1,3,4) dan Koyama Takao (movie 2), sementara desain karakter masih dipercayakan pada Araki Shingo dan Himeno Michi. Dalam movie ke-4 seorang desainer lain, Naoi Masahiro, ikut terlibat sehingga penggambaran karakternya agak berbeda dari seri-seri sebelumnya. Pegasus Fantasy masih digunakan sebagai lagu pembuka movie 1 dan 2, Soldier Dream untuk movie 4, dan You Are My Reason To Be menjadi lagu tema movie 3.

Meiô Hades: Jû-ni Kyû Hen
Visualisasi Hades Chapter ini dibuat dalam format Original Video Animation (OVA) dan mulai ditayangkan pada tanggal 9 November 2002. Padahal, gosipnya rencana semula adalah tanggal 9 September: "ulang tahun" Hades dan Shun. Stasiun TV yang menayangkan adalah ANIMAX dari jaringan kabel SKY PerfecTV dengan sistem pay-per-view sebesar 800 yen. OVA ini terdiri atas 13 episode, yaitu 1/3 dari keseluruhan cerita Hades Chapter. Ternyata proyek uji coba ini sukses berat karena mendapat sambutan yang luar biasa. Tôei pun berbaik hati memenuhi aspirasi para 'pengirim cosmo' dengan melanjutkan ceritanya. Bertindak sebagai sutradara OVA Hades Chapter adalah Yamauchi Shigeyasu; Sutradara CG (Computer Graphic) Kawase Yasuô; Desainer Karakter Araki Shingo dan Himeno Michi, serta Yokote Michiko dan Fujii Fumiya sebagai penulis skenario. Lagu pembuka dan penutup tetap Pegasus Fantasy dan Blue Forever, dengan tambahan lagu baru Chikyûgi dan Kimi to Onaji Aozora yang keduanya dinyanyikan oleh Matsuzawa Yumi.



Tenkai Hen: josô ~overture~

Movie kelima ini diangkat dari chapter paling akhir Saint Seiya yang belum sempat direalisasikan dalam bentuk apapun. Roadshow dimulai secara serentak di bioskop-bioskop seluruh Jepang pada 14 Februari 2004. Menjelang pemutaran perdana, Tôei menawarkan dua set merchandise menarik: yang pertama berupa satu set clear file dan kartu pos seharga 1.800 yen, dan satunya lagi Moving Soldier Gold Version (action figure lima Bronze Saint mengenakan Gold Cloth) seharga 2.500 yen. Setiap set masih ditambah dengan sebuah poster asli. Movie Tenkai Hen ditangani oleh staf yang hampir sama dengan OVA Hades, yaitu Yamauchi Shigeyasu sebagai sutradara, serta Araki Shingo dan Himeno Michi sebagai desainer karakter. Pengerjaan musik ditangani komposer Yokoyama Seiji dan Andromeda Philharmonic Orchestra, sedangkan lagu temanya yang berjudul Never kembali dibawakan oleh MAKE-UP.


Hades Chapter adalah seri terakhir dari Saint Seiya. Ceritanya tentang pertarungan Bronze Saint melawan Hades, penguasa dunia kematian. Secara garis besar, cerita dalam Hades dapat dibagi tiga: pertarungan di Sanctuary/bumi, Meikai/alam maut, dan Elision/nirwana.

Sayang, saat Kurumada-sensei tengah merampungkan manga Hades, Tôei mendapati serial TV yang saat itu sudah ditayangkan hingga Poseidon Chapter mengalami penurunan rating. Ditambah lagi masukan dari BANDAI bahwa penjualan action figure menurun. (Padahal itu salah mereka juga. Abis, bikinnya keBHUANYAKan seh!) Maka anime Saint Seiya pun dihentikan begitu Poseidon Chapter selesai. Tôei tidak mau membuat anime Hades atas pertimbangan bisnis. Jadilah Hades Chapter hanya bisa dinikmati dalam versi manga, padahal itu bagian paling favorit banyak Seiya-mania. Namun berkat 'cosmo' para penggemar dari seluruh dunia yang gak ada matinye, lebih dari 10 tahun kemudian Tôei akhirnya bersedia membuat OVA Hades Chapter!

Memang apa sih yang menarik dari Hades Chapter? Jawabannya: BANYAK! Selain jalan cerita yang.....(tak terungkapkan dengan kata-kata. cuih!), salah satu alasannya adalah bahwa banyak rahasia dari chapter sebelumnya yang terjawab hanya di Hades Chapter, seperti kenapa Rôshi (gurunya Shiryû) kerjanya cuma nongkrongin air terjun di Gorôhô; kenapa Gold Saint tidak membantu para Bronze Saint ketika melawan Poseidon; identitas Seika (kakak Seiya); dll.

Kita juga akan menjumpai berbagai hal baru yang 'lebih hebat' dari yang muncul di seri sebelumnya. Kalau waktu nonton Sanctuary Chapter kamu bengong begitu tahu tentang Seven Senses, siap-siaplah, sebab di Hades Chapter ada yang namanya Arayashiki alias Eight Senses! Selain itu, ada juga Athena Cloth yang berasal dari patung dewi Athena yang 'menyusut'; (Yang punya CD Shônenki, lihat apa yang dipegang Seiya!) ada pula Bronze Cloth yang menjadi God Cloth; dan yang paling heboh: wujud Rôshi waktu masih muda (yang ternyata lumayan oke ya? *gubrak!*)

OVA Hades musim pertama (2002) memiliki judul resmi "Meiô Hades Jû-ni Kyû Hen - The Hades*Chapter Sanctuary" dengan susunan staf sebagai berikut: Perencanaan oleh Sakuda Hiroyuki; Series Constructor Yokote Michiko; Musik Yokoyama Seiji; Penanggungjawab Produksi Shimizu Yôichi; Computer Graphic Director Kawase Yasuô; Digital Imaging Fukuda Takeshi; Art Design Ijima Yûkiko & Yûki Shinzô; Colouring Tsujita Kunio; Character Design Araki Shingo & Himeno Michi; Animation Director Araki Shingo; Series Director Yamauchi Shigeyasu; Skenario Yokote Michiko & Fujii Fumiya. Lagu tema Chikyûgi dan Kimi to Onaji Aozora keduanya ditulis oleh Matsuzawa Yumi & Takai Rei, musik oleh Matsuzawa Yumi, aransemen oleh Matsuzawa Yumi & Nishida Masara, dan dinyanyikan sendiri oleh Matsuzawa Yumi.

OVA Hades musim kedua (2005) judul resminya adalah "Meiô Hades Meikai Hen - The Hades*Chapter Inferno /Zenshô" dengan susunan staf sebagai berikut [masih akan di-update]: Series Director Katsumata Tomoharu; Colouring Tsujita Kunio; Character Design Araki Shingo & Himeno Michi. Pengisi suara baru Athena dan lima Bronze Saint utama adalah: Orikasa Fumiko (Athena); Morita Masakazu (Seiya); Sakurai Takahiro (Shiryû); Miura Hiroaki (Hyôga); Katsuya Yuta (Shun); dan Konishi Katsuyuki (Ikki), yang dalam Jû-ni Kyû Hen mengisi suara Silver Saint Auriga Capella.


Gigantomachia
Novel Saint Seiya ini ditulis oleh Hamazaki Tatsuya (yang juga menulis novel One Piece) dan diterbitkan Shûeisha pada tanggal 23 Agustus dan 16 Desember 2002 dalam dua volume: Mei no Shô [Mei Chapter] dan Chi no Shô [Blood Chapter]. Jika ditempatkan dalam urutan serial Saint Seiya, Gigantomachia yang berarti 'Perang Melawan Gigas' ini terletak di antara Poseidon dan Hades Chapter. Ceritanya sendiri tentang pertempuran Athena dan saint-nya melawan para Gigas yang hendak membangkitkan kembali pemimpin mereka, dewa Typhon, yang dalam perang sebelumnya disegel Athena di Gunung Etna di Pulau Sicilia. Tokoh-tokoh yang muncul masih tetap sama, seperti Saori, kelima Bronze Saint utama, serta Jabu dan kawan-kawan, sedangkan tokoh-tokoh baru di novel ini adalah para Gigas (cloth-nya disebut Adamas; terbuat dari batu berharga, bukan konstelasi seperti cloth pada umumnya) yang berjumlah tujuh orang dan tiga orang saint Athena baru: Nicole, Yûri, Mei.

  • Kamui: Merupakan armor terkuat yg terdapat dalam kisah Saint Seiya, dipakai oleh para dewa yg tinggal di Gunung Olympus. Kamui hanya pernah disebutkan, dan tidak pernah muncul pada serialnya. Tetapi, ada bbrp desain Kamui yg muncul pada Artbook Saint Seiya Sacred Saga

Episode G
Manga ini ceritanya ditulis oleh Kurumada Masami, sedangkan gambarnya dibuat oleh Okada Megumu, sehingga kelihatannya memang agak 'aneh'. Meski demikian, variasi desain karakter tersebut tidak membuat manga ini kehilangan daya tarik, apalagi tokoh-tokohnya sama seperti dalam cerita Saint Seiya yang asli. Tadinya huruf G pada judul manga dimaksudkan sebagai inisial 'gods'; mungkin karena awalnya hendak menjadi Zeus Chapter yang memang sudah direncanakan sejak semula oleh Kurumada-sensei sebagai kelanjutan Hades Chapter. Namun pada akhirnya cerita dalam Episode G lebih menitikberatkan pada para Gold Saint yang di sini menjadi tokoh utama, sehingga huruf G itu akhirnya merupakan singkatan dari "gold". Manga Episode G diumumkan penerbitannya pada Oktober 2002 oleh Champion RED Comics milik penerbit Akita Shoten. Sejauh ini tankôbon-nya sudah mencapai sembilan volume.



Saint Masami/ Animation










































1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site | Casino site with bonus for €/£/€5
    Lucky Club is a casino site that offers a wide selection of slots, luckyclub.live blackjack, and other table games for the best casino experience. The site's layout and  Rating: 4.9 · ‎Review by LuckyClub.live

    BalasHapus